Hati-hati Jebakan Penipuan ONLINE SELLER !!! Double Check Validitas SELLER nya !

Hati-hati PENIPUAN !!!

Hati-hati PENIPUAN !!!

Makin maraknya internet tentu saja membawa pengaruh positif dan negatif bagi masyarakat, makin mudahnya mengakses informasi dan berita serta wawasan Wikipedia akan membuat kita semakin update dengan era terkini, namun sisi sebaliknya cyber crime dan pornografi menjadi sesuatu yang terelakkan. Siapa yang tak kenal dengan Facebook, Google, YouTube, dari dalam negeri sendiri ada Bhinneka.com, Kaskus, dll. Di Indonesia sejak era Blackberry diperkenalkan oleh RIM + Telkomsel, ada dampak signifikan yang terjadi, mulai dari bergesernya penguasa handphone NOKIA sang market leader selama belasan tahun, komunikasi juga menjadi semakin mudah dan cepat, khalayak tidak lagi menanyakan berapa nomor handphone tetapi berapa pin BB nya. Efek lain juga semakin banyak orang berjualan lewat BB melalui broadcast message, Grup Jual Beli, dll. Tak terkecuali website online seller, forum jualbeli, online Facebook store juga pastinya makin marak.

Resiko terbesar yang akan dialami oleh buyer adalah penipuan, barang yang sudah dibeli via transfer tidak dikirim oleh pihak seller. Oleh karena itu ada beberapa tips untuk mencegah kejadian tersebut:

  1. Lebih aman jika pihak seller mempunya alamat offline store/ toko fisik yang bisa dikunjungi setiap saat. Alamat offline store lebih aman jika merupakan alamat di area pertokoan/ gudang/usaha, daripada rumah kediaman pihak seller. Seller mempunyai nomor telepon lokal untuk pengecekan, bukan CDMA.
  2. Jangan terbuai oleh penawaran harga murah yang dibawah pasaran, karena harga termurah bukan yang terutama, tetapi service, ketersediaan barang, ketepatan waktu pengiriman dan support seller dalam bertransaksi. Biarkan hati kecil/ insting nurani yang berbicara, jika tidak yakin dengan seller tersebut jangan dipaksakan, apalagi jika karena faktor harga lebih murah. Lebih baik aman tetapi lebih mahal daripada murah tetapi was-was mendebarkan.
  3. Bisa jadi Cash On Delivery merupakan solusi ideal, namun untuk transaksi puluhan dan ratusan juta cara COD sudah tidak memungkinkan. Tentu saja pihak seller lumrah akan meminta DP (Down Payment) sebagai tanda jadi. Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai pegangan
  4. Cek Reputasi dan Testimonial Seller (hati-hati manipulasi), jika memungkinkan cek juga website seller sudah berapa kali dikunjungi oleh pengunjung.
  5. Seller tidak menutup-nutupi info rekening bank miliknya, namun transparan dipaparkan.

Demikian beberapa tips yang bisa dicoba. Kami JayaMapan (Elektrik) merupakan “Partner yang dapat Anda Percaya”, Usaha kami sudah teregister secara legal dengan adanya SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Indonesia, JayaMapan (Elektrik) juga membayar pajak melalui NPWP Pemiliknya. Transaksi aman dengan JayaMapan (Elektrik), buyer tidak perlu was-was, buyer beli, transaksi deal, buyer dan seller puas, repeat order and Happy Shopping !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: